Media Pustaka, Informasi dan Digitalisasi

Selasa, 23 Januari 2024

Majelis Pustaka, Informasi dan Digitalisasi PDM Ngawi Ikuti Rakerwil MPID PWM Jawa Timur


Majelis Pustaka, Informatika, dan Digitalisasi (MPID) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Ngawi mengikuti Rapat Kerja Wilayah (rakerwil) yang diselenggrakan oleh MPID PWM Jawa Timur. Rakerwil berlangsung di Aula Mas Mansyur PWM Jatim pada Sabtu (4/11).

Adapun Pengurus Majelis Pustaka, Informasi dan Digitalisasi PDM Ngawi yang menghadir rakerwil MPID tersebua antara lain Drs. Moh. Ysnus, M.Ag (Korbid. Tarjid dan Tajdid PDM Ngawi), Purwanto, S.Pd.I (Ketua MPID PDM Ngawi) dan Supardi S.Pd (Anggota MPID PDM Ngawi).

Ada sejumlah agenda inti yang dibahas dalam acara tersebut. Di antaranya, kebijakan dan program unggulan MPID PWM Jatim. Kemudian, para peserta dari MPID daerah juga diajak merumuskan rencana kerja bersama dalam sidang pleno.

Selain itu, rakerwil juga menghadirkan sesi seminar dengan narasumber tokoh muda, seorang influencer, sekaligus anggota MPI PP Muhammadiyah, Fahd Pahdepie. Fahd juga merupakan seorang penulis nasional. Beberapa bukunya, Muda Berdaya Karya Raya, Rumah Tangga, dan Hijrah Bang Tato.

Pria yang kini menjadi CEO Inilah.com tersebut akan mengisi seminar bertajuk Membangun Narasi Islam Berkemajuan dalam Dunia Digital.

Adapun Hasil Raker berdasarkan Komis, sebagai berikut:

HASIL KOMISI A
Penguatan media dan jurnalistik
  1. Branding, tim, dan produksi/web baru
  2. Subdomain, mengirim berita ke PWMu dulu.
  3. Aktif di medsos, IG, Tiktok dll/pelatihan conten creator
  4. Mengolah putusan munas tarjih
  5. Mendorong pimpinan dan warga Muhammadiyah untuk LS comen
HASIL KOMISI B
Divisi Pustaka, Kearsipan, dan Penerbitan:
  1. Penelusuran jejak K.H. Ahmad Dahlan di daerah-daerah Jawa Timur serta mengklasifikasikan sumber-sumber sejarah Muhammadiyah, misalnya artefak, dokumen resmi, dan benda-benda bersejarah lainnya.
  2. Mendorong penulisan buku sejarah Muhammadiyah bagi PDM yang belum mengerjakan. Bagi yang sudah, didorong untuk membuat edisi revisi.
  3. Pengarsipan dokumen-dokumen resmi hasil musyawarah PWM Jatim.
  4. Membuat narasi visualisasi tokoh-tokoh sejarah Muhammadiyah
HASIL KOMISI C
Penguatan Digitalisasi Daerah
  1. Template format website sesuai acuan PP/PWM.
  2. Sistem baru E-KTAM yg dipermudah.
  3. Pendampingan SDM Digital.
  4. Sistem yg Terintegrasi PWM-PDM.
Sementara itu, Sekretaris MPID PWM Jawa Timur Radius Setiyawan menjelaskan, rakerwil merupakan salah satu langkah yang tepat untuk menganalisis, memperbaiki, serta meningkatkan kinerja dalam sebuah organisasi.
“Dengan melibatkan seluruh MPID PDM seluruh Jatim, harapannya bisa bersinergi dan menyamakan persepsi dan bagaimana kita semua fokus menyelesaikan target kinerja selama lima tahun kepemimpinan,” kata Radius.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog